Pengantar Grafika dan Multimedia
Intro
• Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat. Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif(hiburan).
• Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia..!
Mengapa Multimedia..?
• Menurut Riset Computer Technology Research (CTR)
– Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
– Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
– Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
– Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Definisi :
• Multimedia :
– “Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity)”.
• Komputer Multimedia :
– Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM
– CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja
Jenis Multimedia
• Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis :
– Multimedia Linier
• multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan),
• contohnya: TV dan film.
– Multimedia Interaktif
• multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
• Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.
Pengembangan Bidang Multimedia
• Bidang Instructional Designer
– meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy
• Bidang Art Designer
– meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object
• Bidang Software Engineer
– meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance
Pengaruh Multimedia
• Pengaruh multimedia terhadap kebiasaan manusia, diantaranya :
– Mengubah tempat kerja.
• Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
– Mengubah cara belanja.
• Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
– Mengubah cara bisnis.
• pebisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking dan internet-banking.
– Mengubah cara memperoleh informasi.
• Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
– Mengubah cara belajar.
• Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
– Internet Multimedia.
• juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Perangkat lunak multimedia
• Adalah komponen-komponen dalamdata processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia.
• Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu :
– Bahasa pemrograman multimedia.
• ex : Lingo, Action Script
– Perangkat lunak system multimedia.
• ex : Operating System dan Utility (antiVirus)
– Perangkat lunak aplikasi multimedia.
• ex : -- |)=>
Software Aplikasi Multimedia
• Perangkat Pengolah Teks
• Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
– Grafik 2D Vektor : Corel draw, Inkscape, macromedia freehand, adobe, illustrator, open draw dll.
– Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Gimp dll.
– Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
• Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D
– Ex : 3D Max, blender, maya, softimage, lighware dll.
• Perangkat Lunak Authoring Multimedia
– Ex : Windows Movie Maker, OpenShot
• Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
– Ex : Icon generator, dll
Sistem Multimedia
• Adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat :
– Kombinasi Media
• Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
– Independence
• Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan atau keterkaitan antar media tersebut rendah.
– Computer-supported Integration
• Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Pembagian Sistem Multimedia
• Sistem Multimedia Stand Alone
– Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Sound card.
– Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
– Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.
Karir dalam Multimedia
• Bidang teknologi multimedia merupakan profesi yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang.
– syaratnya Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.
• Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia :
– Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.

0 komentar:
Posting Komentar