Pengantar Grafika dan Multimedia

Pengantar Grafika dan Multimedia
Intro
•          Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat. Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif(hiburan).
•          Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia..!
Mengapa Multimedia..?
•          Menurut Riset Computer Technology Research (CTR)
–        Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
–        Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
–        Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
–        Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

Definisi :
•          Multimedia :
–        “Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity)”.
•          Komputer Multimedia :
–        Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM

–        CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja
Jenis Multimedia
•          Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis :
–        Multimedia Linier
•          multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan),
•          contohnya: TV dan film.
–        Multimedia Interaktif
•          multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.
•          Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.
Pengembangan Bidang Multimedia
•          Bidang Instructional Designer
–        meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy
•          Bidang Art Designer
–        meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object
•          Bidang Software Engineer
–        meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance
Pengaruh Multimedia
•          Pengaruh multimedia terhadap kebiasaan manusia, diantaranya :
–        Mengubah tempat kerja.
•          Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
–        Mengubah cara belanja.

•         Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
–        Mengubah cara bisnis.
•          pebisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking dan internet-banking.
–        Mengubah cara memperoleh informasi.
•          Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
–        Mengubah cara belajar.
•          Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
–        Internet Multimedia.
•          juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Perangkat lunak multimedia
•          Adalah komponen-komponen dalamdata processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia.
•          Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu :
–        Bahasa pemrograman multimedia.
•          ex : Lingo, Action Script
–        Perangkat lunak system multimedia.
•          ex : Operating System dan Utility (antiVirus)
–        Perangkat lunak aplikasi multimedia.
•          ex :  -- |)=>
Software Aplikasi Multimedia
•          Perangkat Pengolah Teks
•          Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
–        Grafik 2D Vektor : Corel draw, Inkscape, macromedia freehand, adobe, illustrator, open draw dll.
–        Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Gimp dll.
–        Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
•          Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D
–        Ex : 3D Max, blender, maya, softimage, lighware dll.
•          Perangkat Lunak Authoring Multimedia
–        Ex : Windows Movie Maker, OpenShot
•          Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
–        Ex : Icon generator, dll
Sistem Multimedia
•          Adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat :
–        Kombinasi Media
•          Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/ discrete) dipakai.  Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
–        Independence
•          Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan atau keterkaitan antar media tersebut rendah.
–        Computer-supported Integration
•          Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Pembagian Sistem Multimedia
•          Sistem Multimedia Stand Alone
–        Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Sound card.
–        Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
–        Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.
Karir dalam Multimedia
•          Bidang teknologi multimedia merupakan profesi yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang.
–        syaratnya Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.
•          Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia :
–        Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Blue Spinning Frozen Snowflake

Tanggapan Anda Mengenai Blog Saya ?